Kupas Tuntas Cara Terbaik Melakukan SEO dengan Benar

       Apa itu SEO ? Seberapa pentingkakah SEO ? Apa Saja yang harus di lakukan untuk memaksimalkan SEO ? Saya sudah menerpakan SEO namun trafik blog saya seperti itu-itu saja , apa kesalahan saya?.Semua pertanyaan di atas sangat sering di dengar dan pasti timbul di setiap blogger apalagi blogger pemula.Apalagi blogger pemula dengan ambisi yang setinggi langit tanpa melihat keadaan blog.Karena itu kali ini gwa akan mengupas tuntas tentang Kupas Tuntas Cara Terbaik Melakukan SEO dengan Benar.Apa saja yang akan saya bahas? Cek aja langsung :

A. Pengertian SEO

SEO ? apa itu SEO ? SEO atau Search Engine Optimization adalah " Teknik atau cara yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan trafik web/blog dengan memanfaatkan cara kerja mesin pencari agar dikenal atau mudah di index oleh mesin pencari tersebut. (seperti google.com,Bing.com,Yahoo.com,dll...).

B. Apa Tujuan SEO

Apa sih tujuan melakukan SEO? SEO bertujuan untuk " menempatkan blog/web pada posisi ter-atas atau di halaman pertama dari mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu.(logikanya jika kita mencari suatu artikel di google maka judul artikel yang pertama kali muncul akan kita baca karena menempati posisi pertama.Dengan begitu si pemilik artikel akan mendapatkan banyak pengunjung daripada artikel yang berada di bawahnya atau di halaman selanjutnya).

C. Teknik Dasar SEO

 1. Memperhatikan Judul Artikel yang sedang kita buat.

Ini sangat berpengaruh karena mesin pencari akan akan menampilkan judul terlebih dahulu bukan artikel dahulu,jika artikel dan judul meiliki perbedaan maka artikel tidak akan pernah di baca oleh orang.

 2. Memperhatikan "Kata" pada artikel kita.

Jika dalam suatu artikel banyak mengandung kata yang mengacu pada keyword atau judul artikel,maka mesin pencari akan mengoptimalkan artikel kita.

 3. Usahakan sebelum 100 kata pertama dalam artikel kita tertulis keyword atau judul artikel kita.
Ini sangat membantu kita dalam meng-optimalkan SEO dan google suka jika pada artikel menuliskan keyword pada 100 kata pertama dalam artikel.

 4. Menanam Internal Link.

(contoh : jika kita menuis artikel tentang sebuah game baru dan membahas tentang apa kelebihan dan kekurangan atau apalah, dan di akhir artikel kita menanam link menuju artikel lain di blog kita seperti tips dari game tersebut,itu akan menjadi nilai + dan akan memaksimalkan SEO pada blog/web.

 5. Gunakan Tampilan Mobile Friendly.

Sangat penting untuk menggunakan tampilan mobile friendly pada blog/web karena akan lebih mudah mengakses blog/web dengan Handphone.(Apalagi di jaman sekarang banyak orang memakai HP,jadi jika kita tidak menggunakan tampilan mobile friendly maka kita akan kehilangan banyak pengunjung blog/web kita).

 6. Gunakan Sosial Media untuk Promosi.

Seperti yang sudah saya bahasa pada artikel 10 Peyebab Terbesar Kegagalan Blogger.Manfaatkanlah media sosial kita seperti FB,Twitter,Google+ dll...Untuk memaksimalkan SEO.

 7. Membangun Backlink.

Hal yang pelu di perhatikan jika ingin trafik blog/web banyak adalah menanam backlink.Namun dalam mnanam backlink adalah harus menanam backlink yang berkualitas.Contoh dari membangun backlink adalah : Dengan berkomentar pada blog,web,youtube orang lain yang satu niche dengan kita.(Jika blog/web kita membahas game maka jangan menanam backlink pada blog/web kesehatan! apa gunanya coba ?) Pastikan blog/web yang kita tanamkan backlink adalah blog/web yang besar dengan trafik yang tinggi.(Karena gak ada gunanya jika menanam backlink pada blog/web yang sepi pengunjung).

8. Perbanyak kata dalam artikel kita.

kenapa artikel yang mengandung banyak kata malah lebih banyak di baca? Jelas! Karena jika dalam artikel tersebut mengandung banyak kata sampai 1000 kata ke atas maka akan lebih banyak memuat informasi yang di butuhkan oleh orang-orang.Setelah itu orang-orang yang suka dan terpuaskan dengan kelengkapan informasi pada artikel kita maka akan men-like dan share artikel kita  sehingga orang lainpun akan tahu jika kita meiliki artikel yang berkualitas.Namun perhatikan dalam memperbanyak kata dalam artikel,karena artikel yang banyak mengandung kata itu harus mengandung banyak informasi!Bukan banyak kata namun melenceng jauh pada inti artikel kita(okay... OOT itu penting untuk sedikit hiburan,karena membaca terlalu banyak juga membuat bosan,namun jika OOT berlebihan maka orang lain akan benci dengan artikel kita).Jadi intinya perbanyaklah kata dalam artikel dengan memperbanyak informasi bukan memperbanyak OOT.

 9. Ubah Judul Artikel Agar Menarik Pembaca

Apa kira-kira yang membuat kita membaca artikel blog/web setelah kita melakukan pencarian? Yap! JUDUL! itu membuktikan judul sangat penting.Karena judul sangat menarik perhatian orang.Bahkan jika ada artikel yang biasa-biasa saja dengan informasi yang tidak cukup lengkap namun dengan judul yang meyakinkan,maka artikel itu akan banyak di baca orang karena judulnya sangat meyakinkan.Tips dalam memberi judul pada artikel :
a. Buat Judul Sedetail Mungkin
b. Tuliskan Manfaat dari membaca artikel kita
c. Gunakan Kalimat Tanya Sebagai Judul

 10. Dapatkan Backlink Dari Situs Komunitas Dan Forum

Aktiflah di sebuah situs komunitas atau forum seperti kaskus.co.id ( gwa cuman tau kaskus doang ).Dengan aktif menulis di situs forum maka kita bisa menaikan trafik dari situs tersebut loh.(misalnya saja,Saya membuat artikel blog/web tentang kesehatan,lalu kita tulis ulang dengan menanamkan suber artikel tersebut yaitu blog kita,maka blog akan mendapatkan pengunjung dari situs forum tersebut).

11. Lakukan Promosi Silang Dengan Rekan Blog

Jika kita memiliki artikel tentang tips bloging dan rekan blog kita menulis tips SEO,kenapa tidak melakukan promosi silang dengan saling menanamkan backling pada kedua blog tersebut?jadi dia akan menanamkan backlink yang menuju artikel kita dan kita akan menanamkan backling menjuju artikel dia.Maka hal tersebut akan dapat meningkatkan trafik blog.

12. Ubah Teks dari suatu artikel blog orang lain agar menjadi backlink kita

Memangnya ada apa orang yang akan melakukan hal seperti itu? tentu ada dong....Dari seglintir orang pelit pasti ada orang baik.Namun biasanya orang yang mau mengubah kata dalam artikelnya menjadi backlink orang lain adalah teman atau rekan blog kita.

D. Cara Memaksimalkan SEO

 1. Tag Meta Deskripsi

Tag Meta adalah salah satu fitur yang ada di blogger.com.Fitur tersebut memungkinkan kita memasang deskripsi blog tanpa melakukanya manual.Cara melakukanya adalah :
Masuk Dashboard -> Setelan -> Preferensi Penelusuran,Lihat Tag meta dan klik 'edit' maka akan ada pertanyaan "Aktifkan deskripsi penelusuran" pilih 'ya'. Masukan deskripsi dari blog kita,lalu simpan perubahaan.

 2. Tag Meta Deskripsi Postingan

Untuk menggunakan tag meta deskripsi postingan kita harus mnggunakan fitur Tag meta deskripsi.Fitur ini memungkinkan setiap postingan meiliki deskripsi yang berbeda-beda.Untuk mengaktifkan fitur ini dengan cara :
Jika sudah menulis artikel,sebelum mempublikasikan maka lihat di bagian kanan artikel maka ada kata Deskripsi Penelusuran dengan icon kaca pembesar -> Klik saja icon tersebut dan tuliskan deskripsi postingan -> lalu klik seselasi.

 3. Tautan Permanen

Fitur ini memungkinkan kita untuk menggunakan Long Tail Keyword yang panjang,karena jika tidak meng aktifkan fitur ini maka kata kunci artikel kita hanya akan terbaca sebanyak 6 kata saja.Namun jika menggunakan fitur ini,maka kata kunci artikel kita akan terbaca semua sebanyak apapun katanya.Untuk mengaktifkan Fitur ini bisa dilakukan dengan cara :
Jika sudah menulis artikel,sebelum mempublikasikan maka lihat di bagian kanan artikel maka ada kata Tautan Permanen dengan icon rantai -> klik icon -> klik tautan permanen khusus -> kemudian klik selesai.

 4. Template Blogger yang Responsive dan SEO friendly

Template juga bisa manjadi ajang SEO loh,dengan memasang template yang responsive tidak 'lebay' serta mobile friendly maka itu sudah cukup untuk meningkatkan SEO blog/web kita.
E. Kesalahan Yang Di Lakukan Saat Melakukan SEO.

 1. Belajar SEO langsung ke SEO yang Sulit

Ada orang yang mempelajari SEO langsung ke Link Piramid,Link Wheels,dan lainya tanpa memahami dasar-dasar SEO maka tidak akan berguna.Sebaiknya jika belajar SEO mulailah dari yang sederhana terlebih dahuli.

 2. Tidak Melakukan Riset Keyword

Hal ini sangat sering dilakukan oleh kalangan blogger.Keyword itu sangat penting dalam menentukan judul artikel,karena kita harus tau keyword apa yang di inginkan pembaca dan menarik perhatian.

 3. Artikel Tidak Menarik

Ini juga sudah saya bahas pada artikel 10 penyebab terbesar kegagalan blogger.Ingat Buatlah artikel yang menarik dan memuat banyak informasi.

 4. Tidak Menggunakan Fitur Google Webmaster Tools

Dengan Fitur ini kita bisa mengetahui bagaimana google menilai blog kita,melihat perfoma blog kitaKita juga bisa menggunakan fitur ini untuk men-cek backlink,kata kunci populer,apa ada yang eror di blog kita,dll.

 5. Tidak Memaksimalkan Judul

Di atas saya sudah menuliskan betapa pentingnya penggunaan judul!

 6. Tidak Memasang Internal Link

Internal Link berguna untuk mengubungkan artikel satu dengan yang lainya pada blog kita.Jadi kita bisa menghubungkan banyak artikel untuk mendapatkan page view.

7. Tidak Menggunakan Tampilan Mobile Friendly

Ini juga sudah saya bahas di atas,jadi silahkan scroll ke atas untuk mebacanya lagi.

 8. Terlalu Fokus Mencari Backlink

Terlalu banyak Backlink juga kurang bagus karena bisa mengakibatkan Spam!DI mana-mana yag namanya Spam pasti tidak baik.Jadi bisa di pikir sendiri apa akibatnya kalau menanam backlink terlalu banyak.

 9. Hanya Mengandalkan SEO saja 

Setidaknya lakukanlah promosi di media sosial seperti FB,Twitter,Google+. karena SEO saja tidak cukup!Semua itu harus Seimbang.

 10. Mengharapkan Hasil Instan dari SEO

jangan mengharapkansesuatu yang instan dari SEO,jika sudah menerapkan SEO namun belum berbuah hasil,maka kita harus sabar karena tidak ada yang instan!(ngepet aja butuh usaha).


 Terimakasih telah membaca Artikel ini.Jika artikel ini bermanfaat silahkan Like dan Share ke temen-temen.Jangan lupa kritik dan komentar dan juga saran,karena itu sanggat mambantu saya untuk penyemangat.Terakir nama gwa Fajar Julianto,terimakasih.

Related Posts:

2 Responses to "Kupas Tuntas Cara Terbaik Melakukan SEO dengan Benar"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Berbeda dari yang lain semoga saja bisa di terapkan.

    ReplyDelete